Sabtu, 28 Desember 2013

Facebook Sebagai Media Pemasaran yang Kreatif


Facebook merupakan situs jejaring sosial yang berfungsi sebagai media komunikasi di dunia maya. Situs ini sangat populer dan termasuk situs yang paling banyak dibrowsing di Indonesia saat ini. Bahkan popularitasnya mampu mengalahkan popularitas situs pertemanan Friendster, yang lebih dahulu ada. Bukan hanya anak remaja saja, pengguna anak sekolah dasar dan orang tua  juga aktif terlibat di dunia facebook. Teman-teman yang telah bertahun-tahun tidak terdengar kabarnya, muncul dan bertemu di situs ini. Rencana - rencana reuni akhirnya tercipta melalui situs pertemanan tersebut. Selain itu facebook juga bisa menjadi media promosi bagi kita yang ingin menjalankan bisnis secara online. Dengan beragam fitur yang disediakan, tentunya para pebisnis menggunakan facebook sebagai media promosi secara maksimal karena lebih efektif dan efisien.
Tidak heran dalam waktu yang singkat, jumlah pemilik akun Facebook di Indonesia saat ini telah menembus angka 2 juta pengguna. Bahkan di dalam salah satu halamannya, terlihat bahwa jumlah tersebut hanyalah merupakan pengguna di atas 18 tahun saja. Jumlah total pengguna untuk semua pengguna yang tinggal di Indonesia bisa mencapai 3 juta orang.
Padahal pada awal tahun 2009, jumlah orang Indonesia yang memiliki akun Facebook baru mencapai 1 juta pengguna saja. Terjadi peningkatan pengguna yang luar biasa di Indonesia. Hal ini juga ditunjukkan oleh sebuah penelitian pada tahun 2008 menyebutkan bahwa tingkat pertumbuhan pemilik akun Facebook di Indonesia mencapai 645 persen atau total 831 ribu orang. Angka tersebut mengalahkan Malaysia, India, Thailand, Singapore, dan bahkan China.
Arti Besar dalam Pemasaran
Di dalam Facebook, Anda bisa melakukan aktivitas tersebut tanpa harus melanggar etika komunikasi di dalam dunia internet. Anda tidak mungkin dianggap mengganggu privasi orang lain ketika melakukan aktivitas tersebut. Mekanisme standar tersebut meliputi penulisan status, pemasangan koleksi foto dan video, pembuatan grup dan halaman penggemar.
Pengguna Facebook umumnya telah terbiasa berbagi informasi mengenai kegiatan yang dilakukan saat melalui kotak status “Apa yang Anda Pikirkan?”. Setiap saat, teman-teman dapat melihat perkembangan yang sedang terjadi melalui penulisan status tersebut.
Bagi pengguna-pengguna Facebook yang kreatif, penulisan status di dalam halaman profil mampu menciptakan perhatian dari sesama pengguna. Sehingga mereka bukan hanya ikut berkomentar, tetapi juga melihat konten iklan yang dilampirkan bersama dengan status yang ditulisnya.
Banyak yang menyebut aktivitas ini sebagai pemasaran yang halus. Iklan tersebut diakses dan dilihat bukan karena paksaan, tetapi karena ketertarikan pembaca akan hal - hal yang sedang dibahas di halaman tersebut. Semakin banyak jalinan pertemanan, semakin besar efek yang dihasilkan oleh pemasaran seperti itu.
Pemasaran yang Kreatif
Penulisan status bukan hanya satu-satunya yang dapat digunakan untuk aktivitas pemasaran yang kreatif. Anda juga bisa menggunakan foto dan video yang diunggah ke halaman Facebook untuk menarik perhatian pengguna lainnya. Anda dapat menciptakan kreatifitas yang unik. Melalui Facebook, kesempatan untuk menciptakan pemasaran yang kreatif bisa muncul setiap saat dan seketika itu juga.
Adanya fitur notifikasi dari orang lain di dalam Facebook, membuat pengguna lainnya tidak akan pernah ketinggalan meskipun mereka sedang tidak mengakses Facebook pada saat Anda menayangkan konten pemasaran.
Apabila hal tersebut juga dikombinasikan dengan fitur album foto, grup, dan halaman produk, tentunya efek pemasaran yang dihasilkan juga semakin dahsyat. Semua fitur mampu digerakkan untuk aktivitas pemasaran yang kreatif.

Fitur –Fitur Menarik di Facebook
Ø  Aplikasi Game dalam Facebook
Facebook memiliki beratus-ratus game online dengan berbagai jenis permainan. Ada beberapa populer yang dimainkan yaitu Mafia Wars, Cafe World, Typing Race, Pet Society, Fashion World, Zynga Poker, dsb. Game ini dimainkan secara online ketika dalam status log in di Facebook. Yang menarik dari game online di Facebook yaitu pemainnya bisa berhadapan dengan lawan yang bukan hanya berasal dari satu negara.
Ø  Aplikasi Kuis dalam Facebook
Kuis yang tersedia dalam facebook sangat bermacam - macam mulai dari kuis yang serius menyediakan jawaban sampai kuis dengan pertanyaan-pertanyaan yang dimaksudkan hanya untuk iseng-isengan saja. Setelah mengikuti kuis, kita juga bisa mengirimkan aplikasi tersebut ke teman-teman yang ada di friendlist dengan tujuan supaya mereka mengikuti kuis tersebut.
Ø  Chat dalam Facebook
Fitur ini sangat digemari oleh pengguna Facebook yang memungkinkan pengguna facebook untuk mengobrol panjang lebar layaknya sedang bertatap muka. Cara untuk menggunakan fitur chat dalam Facebook ini pun sangatlah mudah.
Ø  Cindera Mata Virtual
Apabila cindera mata tersebut menarik dan unik, maka akan tercipta efek duplikasi penyebaran yang dahsyat. Karena setiap pengguna Facebook akan mengirimkan kembali cindera mata yang diterima ke teman-teman lainnya.
Pembuatan cindera mata ini dapat dilakukan oleh kita sendiri, tanpa bantuan ahli-ahli di bidang pemrograman. Hal ini bisa terjadi karena telah tersedia alat bantu pembuatan cindera mata di dalam Facebook, yang dapat digunakan oleh orang-orang tanpa latar belakang IT. Efek-efek negatif yang selama ini dikhawatirkan oleh banyak orang akan semakin dapat diminimalisir. Dan bangsa ini dapat merasakan manfaat dari semua fitur yang tersedia.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar