Facebook
merupakan situs jejaring sosial yang berfungsi sebagai media komunikasi di
dunia maya. Situs ini sangat populer dan termasuk situs yang paling banyak dibrowsing
di Indonesia saat ini. Bahkan popularitasnya mampu mengalahkan popularitas
situs pertemanan Friendster, yang lebih dahulu ada. Bukan hanya anak remaja saja,
pengguna anak sekolah dasar dan orang tua juga aktif terlibat di dunia facebook. Teman-teman yang
telah bertahun-tahun tidak terdengar kabarnya, muncul dan bertemu di situs ini.
Rencana - rencana reuni akhirnya tercipta melalui situs pertemanan tersebut.
Selain itu facebook juga bisa menjadi media promosi bagi kita yang ingin
menjalankan bisnis secara online. Dengan beragam fitur yang disediakan,
tentunya para pebisnis menggunakan facebook sebagai media promosi secara
maksimal karena lebih efektif dan efisien.
Tidak heran dalam waktu yang
singkat, jumlah pemilik akun Facebook di Indonesia saat ini telah menembus
angka 2 juta pengguna. Bahkan di dalam salah satu halamannya, terlihat bahwa
jumlah tersebut hanyalah merupakan pengguna di atas 18 tahun saja. Jumlah total
pengguna untuk semua pengguna yang tinggal di Indonesia bisa mencapai 3 juta
orang.
Padahal pada awal tahun 2009, jumlah
orang Indonesia yang memiliki akun Facebook baru mencapai 1 juta pengguna saja.
Terjadi peningkatan pengguna yang luar biasa di Indonesia. Hal ini juga
ditunjukkan oleh sebuah penelitian pada tahun 2008 menyebutkan bahwa tingkat
pertumbuhan pemilik akun Facebook di Indonesia mencapai 645 persen atau total
831 ribu orang. Angka tersebut mengalahkan Malaysia, India, Thailand,
Singapore, dan bahkan China.
Arti Besar
dalam Pemasaran
Di dalam Facebook, Anda bisa
melakukan aktivitas tersebut tanpa harus melanggar etika komunikasi di dalam
dunia internet. Anda tidak mungkin dianggap mengganggu privasi orang lain ketika
melakukan aktivitas tersebut. Mekanisme standar tersebut meliputi penulisan
status, pemasangan koleksi foto dan video, pembuatan grup dan halaman
penggemar.
Pengguna Facebook umumnya telah
terbiasa berbagi informasi mengenai kegiatan yang dilakukan saat melalui kotak
status “Apa yang Anda Pikirkan?”. Setiap saat, teman-teman dapat melihat
perkembangan yang sedang terjadi melalui penulisan status tersebut.
Bagi pengguna-pengguna Facebook yang
kreatif, penulisan status di dalam halaman profil mampu menciptakan perhatian
dari sesama pengguna. Sehingga mereka bukan hanya ikut berkomentar, tetapi juga
melihat konten iklan yang dilampirkan bersama dengan status yang ditulisnya.
Banyak yang menyebut aktivitas ini
sebagai pemasaran yang halus. Iklan tersebut diakses dan dilihat bukan karena
paksaan, tetapi karena ketertarikan pembaca akan hal - hal yang sedang dibahas
di halaman tersebut. Semakin banyak jalinan pertemanan, semakin besar efek yang
dihasilkan oleh pemasaran seperti itu.
Pemasaran yang Kreatif
Penulisan
status bukan hanya satu-satunya yang dapat digunakan untuk aktivitas pemasaran
yang kreatif. Anda juga bisa menggunakan foto dan video yang diunggah ke
halaman Facebook untuk menarik perhatian pengguna lainnya. Anda dapat menciptakan
kreatifitas yang unik. Melalui Facebook, kesempatan untuk menciptakan pemasaran
yang kreatif bisa muncul setiap saat dan seketika itu juga.
Adanya fitur notifikasi dari orang
lain di dalam Facebook, membuat pengguna lainnya tidak akan pernah ketinggalan
meskipun mereka sedang tidak mengakses Facebook pada saat Anda menayangkan
konten pemasaran.
Apabila hal tersebut juga
dikombinasikan dengan fitur album foto, grup, dan halaman produk, tentunya efek
pemasaran yang dihasilkan juga semakin dahsyat. Semua fitur mampu digerakkan
untuk aktivitas pemasaran yang kreatif.
Fitur –Fitur
Menarik di Facebook
Ø Aplikasi
Game dalam Facebook
Facebook memiliki
beratus-ratus game online dengan berbagai jenis permainan. Ada beberapa populer
yang dimainkan yaitu Mafia Wars, Cafe World, Typing Race, Pet Society, Fashion
World, Zynga Poker, dsb. Game ini dimainkan secara online ketika dalam status
log in di Facebook. Yang menarik dari game online di Facebook yaitu pemainnya
bisa berhadapan dengan lawan yang bukan hanya berasal dari satu negara.
Ø Aplikasi
Kuis dalam Facebook
Kuis yang
tersedia dalam facebook sangat bermacam - macam mulai dari kuis yang serius menyediakan
jawaban sampai kuis dengan pertanyaan-pertanyaan yang dimaksudkan hanya untuk
iseng-isengan saja. Setelah mengikuti kuis, kita juga bisa mengirimkan aplikasi
tersebut ke teman-teman yang ada di friendlist dengan tujuan supaya mereka
mengikuti kuis tersebut.
Ø Chat dalam
Facebook
Fitur ini
sangat digemari oleh pengguna Facebook yang memungkinkan pengguna facebook
untuk mengobrol panjang lebar layaknya sedang bertatap muka. Cara untuk
menggunakan fitur chat dalam Facebook ini pun sangatlah mudah.
Ø Cindera Mata Virtual
Apabila cindera mata tersebut menarik dan unik, maka akan tercipta efek
duplikasi penyebaran yang dahsyat. Karena setiap pengguna Facebook akan
mengirimkan kembali cindera mata yang diterima ke teman-teman lainnya.
Pembuatan cindera mata ini dapat dilakukan oleh kita sendiri, tanpa bantuan
ahli-ahli di bidang pemrograman. Hal ini bisa terjadi karena telah tersedia
alat bantu pembuatan cindera mata di dalam Facebook, yang dapat digunakan oleh
orang-orang tanpa latar belakang IT. Efek-efek negatif yang selama ini
dikhawatirkan oleh banyak orang akan semakin dapat diminimalisir. Dan bangsa
ini dapat merasakan manfaat dari semua fitur yang tersedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar